Kamis, 05 Februari 2009

Tidur Terlalu Malam dan Bangun Terlalu Siang Dapat Menyebabkan Kerusakan Hati



Jenis kanker hati merupakan jenis kanker terbesar didunia dan berada dalam urutan kelima. Kanker hati sendiri terjadi apabila sel kanker berkembang pada jaringan hati. Kanker hati yang sering terjadi adalah Hepatocellular Carcinoma (HCC) dan ini merupakan komplikasi akhir yang serius dari hepatitis kronis, terutama sirosis yang terjadi karena virus hepatitis B, C, dan Hemochromatotis.
Faktor penyebab. Faktor resiko kanker hati diantaranya adalah virus hepatitis, alfatoksin, obesitas atau kegemukan, alcohol, diabetes, dan senyawa kimia vinil klorida. Alfaktosin merupakan salah satu contoh mitoktosin atau jamur beracun yang dihasilkan oleh beras, jagung, gandum, serta biji-bijian lainnya, terutama kacang-kacangan yang tersimpan dalam kondisi yang kurang memenuhi syarat. Sedangkan vinil klorida biasanya terdapat pada plastic kemasan tertentu. Pada awalnya kanker hati memang tanpa suatu gejala apapun, dan sering kali orang menduga bahwa dirinya sakit magh. Menurut dr. Rudy Sutedja. SPp.B dalam fase lebih lanjut, si penderita akan merasakan gejala ini, kita dapat melakukan screening ultraonografi hati dan penanda tumor alfa-fetoprotein.
Penyebab utama penyakit ini dinyakini adalah karena tidur yang terlalu malam dan bangun terlalu siang karena akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat yang tidak berguna. Selain itu dari tengah malam hingga pukul 4 dini hari adalah waktu bagi sumsum tulang belakang untuk memproduksi darah. Selain itu, tidak buang air besar dipagi hari, pola makan yang berlebihan, tidak makan pagi, terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan bahkan terlalu banyak mengkonsumsi bahan pengawet, seperti zat tambahan, zat pewarna, zat pemanis buatan, juga dapat menjadi penyebab terjadinya kerusakan hati. Mengkonsumsi masakan yang mentah juga menambah beban hati.

Tidak ada komentar: